Jelang Ramadhan Sapto Sapa Almamater via Zoom
Info Baru Kiprah

Jelang Ramadhan Sapto Sapa Almamater via Zoom

Memenuhi undangan dari almamater, Sapto Bino Anggoro, CEO tirto.id, hadir sebagai keynote speaker di Webinar ‘Media Menyikapi Pandemi’, Kamis (23/4/2020) lalu.

Forum online ini digagas Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (IKA Stikosa-AWS) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim).

“Media memilih sikap, tidak menyebarkan berita ketakutan bagi warga yang artinya menghide informasi, atau menyampaikan apa adanya. Yang artinya berpotensi menyebar ketakutan,” jelas Sapto.

Di luar itu, media juga berhadapan dengan pilihan lain yang mengundang resiko. Seperti memberitakan lemahnya pemerintah dianggap anti, memberitakan yang baik-baik malah menegasikan fakta.

Sehingga dalam praktek pemberitaan, media akhirnya bersikukuh memegang UU Pers 40/99 pasal 3 ayat 1, yakni ‘Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Dan berpegang pada pedoman Dewan Pers, AJI, AMSI, dan lain-lain.

Loading...

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.