Keliru jika Ada yang Bilang Portal Berita itu Mudah dan Murah
Info Baru News

Keliru jika Ada yang Bilang Portal Berita itu Mudah dan Murah

Jurnalisme tidak akan pernah mati. Melengkapi siklus sosial dengan segenap persoalan-persoalannya, jurnalisme selalu tumbuh dan berkembang mengiringi perubahan jaman.

“Kalau ada cerita tentang media ini gulung tikar, media itu bangkrut, semua hanya perusahaan medianya. Bukan jurnalismenya,” kata Budiono Darsono, mantan wartawan Harian Sore Surabaya Post yang kini menjabat Presiden Komisaris Kumparan.com, Kamis (30/8/2018).

Seperti hukum seleksi alam itu sendiri, semua bergantung pada kemampuan beradaptasi sebuah subyek.

“Jika adaptif, dia akan bertahan,” tegasnya. Dalam konteks industri media, semua orang tentu sudah memahami. Bahwa hidup terus bergerak dan jamanpun berubah. Ada perilaku yang berubah, termasuk cara mengkonsumsi media.

Jadi kalau mau bertahan, memang harus serba cepat. Dan platform medianya pun juga wajib mengikuti pergerakan itu. Portal berita, kata Budiono, mungkin tepat di masa sekarang. Tapi belum tentu besok. Semua bergantung platform.

“Surabaya Post itu media yang besar pada masanya. Tapi saat jaman berubah, koran ini jadi terkesan lamban. Bahkan sebelum ada portal berita saya sudah merasakan,” aku pendiri detikcom ini.

Semisal, pada masa itu foto harus dicetak, naskah harus ditulis dengan mesin ketik konvensional. Bisa dibayangkan, betapa lamanya proses produksi informasi dari wartawan hingga jadi koran. Belum lagi distribusinya ke daerah.

“Lalu ada portal berita. Semua jadi serba cepat. Orang tidak perlu menunggu besok untuk mengetahui apa yang terjadi hari ini,” tukas suami Hana Budiono ini.

Di situ, trend new media merebak. “Orang ramai-ramai bikin media online. Yang paling lucu, beberapa bikin media online karena dianggap murah. Padahal tidak. Media online butuh biaya besar. Kita bicara teknologi. Inovasi. Butuh biaya besar untuk meraihnya,” jelas Budiono.

Belum lagi saat bicara riset, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. “Sungguh keliru jika orang berpikir, pingin bikin media berbudget rendah lalu larinya ke online. Keliru juga jika ada yang bilang bikin media online itu mudah. Aslinya sih enggak,” tandasnya. (hdl)

Loading...

One Comment

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.